Jumat, 02 November 2012

Fungsi Manajemen


FUNGSI MANAJEMEN
1.                  Forecasting
Forecasting adalah kegiatan meramalkan, memproyeksikan, atau mengadakan taksiran terhadap berbagai kemungkinan yang akan terjadi sebelum atau rencana yang lebih pasti dapat dilakukan.

2.                  Planning termasuk budgeting
Planning dirumuskan sebagai penetapan tujuan, policy, prosedur, budget, dan program dari suatu organisasi. Jadi, dengan fungsi planning termasuk budgeting yang dimaksudkan adalah dalam menetapkan peraturan-peraturan dan pedoman-pedoman pelaksanaan tugas, menetapkan urut-urutan pelaksanaan yang harus dituruti, menetapkan ikhtisar biaya yang diperlukan dan pemasukan uang yang diharapkan akan diperoleh dan rangkaian tindakan yang akan dilakukan di masa datang.

3.                  Organizing
Organizingadalah pengelompokan kegiatan yang diperlukan yakni penetapan susunan organisasi serta tugas dan fungsi-fungsi dari setap unit yan ada dalam organisasi, serta menetapkan kedudukan dan sifat hubungan antara masing-masing unit tersebut.

4.                  Staffing atau Assembling Resources
Kedua kata Staffing dan Assembling Resources ini cenderung mengandung pengertian yang sama, yaitu  penyusunan personalia pada suatu organisasi sejak dari merekrut tenaga kerja, pengembangannya, sampai dengan usaha agar memberi daya guna yang maksimal kepada organisasi.

5.                  Directing atau Commanding
Directing atau Commanding berhubungan dengan usaha-usaha memberi bimbingan, saran-saran, perintah-perintah, atau instruksi-instruksi kepada bawahan dalam pelaksanaan tugas masing-masing bawahan tersebut, agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan benar-benar tertuju pada tujuan yang telah ditetapkan.

6.                  Leading
Leading dirumuskan sebagai pekerjaan yang dilakukan oleh seorang manajer yang menyebabkan orang lain bertindak. Pekerjaan leading meliputi :
  • kegiatan mengambil keputusan,
  • mengadakan komunikasi antara manajer dan bawahan,
  • memberi semangat inspirasi dan dorongan kepada bawahan agar mereka bertindak,
  • memilih orang-orang yang menjadi anggota kelompoknya,
  • memperbaiki pengetahuan dan sikap-sikap bawahan agar mereka terampil dalam usaha mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

7.                  Coordinating
Coordinating atau mengkoordinasi adalah melakukan berbagai kegiatan agar tidak terjadi kekacauan, percekcokan, kekosongan kegiatan dengan jalan menghubungkan, menyatukan dan menyelaraskan pekerjaan bawahan sehingga terdapat kerja sama yang terarah dalam upaya mencapai tujuan organisasi.

8.                  Motivating
Motivating atau memberi motivasi ini berupa pemberian inspirasi, inovasi, semangat dan dorongan kepada bawahan, agar bawahan melakukan kegiatan secara suka rela sesuai apa yang diinginkan oleh atasan.

9.                  Controlling
Controlling atau pengawasan adalah berupa mengadakan penilaian, bila perlu mengadakan koreksi sehingga apa yang dilakukan bawahan dapat diarahkan ke jalan yang benar dengan tujuan yang telah digariskan semula.Dalam pelaksanaan controlling, atasan mengadakan pemeriksaan, mencocokkan, serta mengusahakan agar kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan sesuai dengan rencana yang ditetapkan serta tujuan yang ingin dicapai.

10.              Reporting
Reporting atau pelaporan adalah berupa penyampaian perkembangan atau hasil kegiatan atau pemberian keterangan mengenai segala hal yang berkaitan dengan tugas dan fungsi-fungsi kepada pimpinan yang lebih tinggi, baik secara lisan maupun secara tertulis, sehingga yang menerima laporan dapat memperoleh gambaran tentang pelaksanaan tugas yang memberi laporan.


DAFTAR PUSTAKA
Manullang, M. 1983. Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Ghalia Indah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar